Artexhibition Dinding

Zona/Quartiere: Jakarta Pusat
Scorrere5

Art Exhibition "DINDING"
Plaza indonesia, 18 artists
March 1-31,2022
Writer Yuswantoro Adi 

Dinding

*Pada Sebuah Dinding*

Mendengar kata dinding, apa yang langsung anda ingat? Lagu "Cicak di dinding" barangkali,q atau versi Inggrisnya "The Wall" yang lekat dengan sebuah lagu rock terbilang fenomenal sekaligus monumental itu. Atau malah teringat pada dinding pemisah ideologi bernama Tembok Berlin di Jerman atau bahkan Great Wall di China. Apa pun ingatan anda tentang diinding ternyata bergantung pada subyektivitas dan juga umur anda.

Ketika saya tanyakan pertanyaan yang sama pada anak muda, anak milenial, anak generasi Z tepatnya, jawaban mereka sungguh menarik. Mereka bilang dinding itu menunjukkan identitas kita. Lho? Saya sempat bingung,... oh ternyata mereka menterjemahkan dinding sebagai wallpaper di gadget atau gawai, perangkat digital yang merupakan akun mereka. 

Nah, soalan dinding atau The Wall inilah yang menjadi tema utama pada pameran kali ini. Sebuah pameran tahunan, juga sebuah peringatan ulangtahun ke 32 Plaza Indonesia. Ruang publik berbentuk Mall terkemuka ini terbukti selalu mendukung seni karya seniman Indonesia. Pada kesempatan ini menampilkan 32 karya dari 18 perupa yang terkemuka pula.

Tulisan pendek ini akan mencoba menelisik hubungan antara dinding dengan karya rupa dan juga degan kiprah dan kepedulian PI terhadap perkembangan seni budaya di Indonesia khususnya senirupa. Kita mulai dari yang paling sederhana namun nyata; seluruh karya terdebut pastinya akan didisplay alias terpajang di dinding PI. Menariknya peristiwa itu sama sekali tak terhenti, bahkan ketika pandemi. Tercatat pada tahun 2020, di ulangtahun ke 30 dan juga awal terjadinya pandemi. Lalu ditahun berikutnya 2021 di peringatan ke 31 di tengah pandemi dan tahun ini, di perayaan ulangtahun yang ke 32, tatkala pandemi belum benar usai --bahkan dibayangi ganasnya varian omicron-- peristiwa budaya penting ini tetap terselenggara dengan baik.

Realita di atas adalah bukti betapa erat kaitan antara ketiganya; dinding, karya rupa dan Plaza Indonesia 

Dari 32 karya 18 perupa di pameran ini, saya mendapati semacam simpulan tema "Dinding" yang ditawarkan kepada peserta oleh Talenta Organizer atau bahkan oleh Plaza Indonesia sendiri adalah pilihan cerdas. Terbukti mampu menghasilkan ragam karya yang kaya. Bahwa ada beberapa yang punya kesukaan sama melakukan repetisi tak terhindarkan. Barangkali, sebagaimana saya asumsikan di muka ini adalah semacam trending topic. Apa pun itu, pameran layak diapresiasi dengan antusias.

Yogyakarta, 27 Februari 2022
*Yuswantoro Adi*
Pelukis yang Menulis Seni Rupa.

Contatta questo inserzionista